Kamis, 07 Februari 2013

Membuat File Image(iso file) Dari CD Atau DVD



Untuk CD atau DVD bootable seperti cd installasi Windows XP ketika mau disalin ke komputer atau kepingan cd/dvd lain memerlukan proses conversi menjadi file image atau iso agar cd dapat dibooting kembali. Jadi untuk mengcopi dari cd/dvd installasi bukan hanya kopi-paste dari cd ke harddisk atau cd lain. Untuk itu diperlukan program untuk membuat file iso dari cd/dvd seperti ultra iso, alcohol 120%, nero bahkan software gratisan semacam ashampoo burning studio. Lalu mengapa mesti dibuat file iso toh kan dari cd sudah bisa? Jawabnya file iso bisa sebagai cadangan di komputer jika cd rusak atau gagal dibaca cdroom, apalagi bila kita menggunakan cd yang kualitasnya kurang bagus cd akan cepat rusak tidak terbaca di cdroom komputer. Nah saat itu jika anda masih menyimpan file iso-nya cd instllasi masih bisa dibuat lagi.
Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat file image (iso file) dari cd windows xp (terserah yang asli atau pun bajakan) dengan menggunakan applikasi Ashampoo burning studio 6 free. Aplikasi ini dengan mudah dapat anda dapatkan karena gratis dengan kemampuan yang tidak kalah dengan program cd/dvd burning terkenal seperti nero. Langsung saja ya:
  1. Download Software Ashampoo burning studio 6 free di situs:
    • http://download.cnet.com/Ashampoo-Burning-Studio-Free/3000-2646_4-10776287.html
  2. Install program ke komputer lalu jalankan “Ashampoo Burning Studio 6 FREE” dari desktop atau menu Start -> Programs -> Ashampoo Burning Studio 6 FREE -> Ashampoo Burning Studio 6 FREE.
  3. Dari program Ashampoo yang terbuka, pilih menu “Create/Burn Disk Images” lalu pilih “Create a Disk Image from CD/DVD”.
  4. Pilih drive cdroom yang sudah berisi installasi windows xp lalu klik “Next”
    Create iso file from cd/dvd
  5. Selanjutnya berikan nama dan tentukan tempat penyimpanan file iso dengan klik Browse
    Pilih tempat penyimpanan iso
  6. Klik Next lalu tunggu hingga proses penyalinan selesai, kalau sudah komplit maka akan terbentuk satu file dengan extensi .iso sesuai dengan nama yang kita berikan pada langkah kelima.
  7. Simpan file iso tadi bila sewaktu-waktu cd windows XP rusak atau ada file yang korup, kita bisa membuat cd installasi baru dengan membakar (burn) file iso tadi ke cd kosong dengan memakai software Ashampoo kembali.
File iso ini juga bisa di “bakar” ke USB Flashdisk untuk membuat flashdick menjadi bootable agar bisa meng-install windows XP dari USB Flasdisc khususnya untuk komputer jenis Netbook yang tidak menyediakan Drive cd/dvdroom. Untuk membuat Windows XP/Vista/7 USB tunggu artikel berikutnya. Sampai jumpa yah

0 komentar:

DesignTemplate By : KBG KolomBlogGRATIS.blogspot.com